Dari Kita untuk Indonesia




Apa Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Indonesia ??

 
 sumber: https://s.kaskus.id/images/2017/05/15/9548023_20170515113627.png

        Tepat pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu Indonesia genap merayakan hari jadinya yang ke 72. Selama itu pula Kita sebagai bangsa Indonesia telah tumbuh dan berkembang di tanah air ini. Kita patut mensyukuri bisa terlahir dinegara yang penuh dengan potensi ini, sebab Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagamannya baik itu sumber daya alamnya,manusia,maupun budayanya.Meskipun potensi tersebut Kita miliki, tetapi masih belum mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di negeri ini, sehingga membuat Indonesia masih tergolong sebagai negara yang berkembang dari segi ekonomi,teknologi, politik, sosial,maupun lingkungan lainnya.Oleh karena itu, selama Kamu hidup di negara ini sudah seberapa besar yang bisa Kamu lakukan untuk Indonesia? Tak peduli besar kecilnya itu, marilah Kita sama-sama membangun Indonesia menjadi negara yang maju. Kita bisa memulainya dari hal terkecil seperti kebiasaan atau habit kecil yang ditanam mulai saat ini,karena dari hal terkecil  ini apabila dijadikan budaya maka seiringnya waktu akan menjadikannya sebagai budaya besar dan melekat bagi bangsa Indonesia yang dapat merubah Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan jauh dari beragam permasalahan yang ada. Apa itu? antara lain seperti dibawah ini:
  1.  Datang Lebih Awal
Dindonesia sudah terkenal dengan namanya jam karet. Budaya ini berkembang pada masyarakat yang sering datang terlambat atau tidak sesuai dengan janji, maka sebagai warga negara yang baik hargailah waktu dengan datang lebih awal bukan hanya untuk kebaikan diri sendiri tetapi juga untuk menghargai orang lain yang telah menunggu. Jika Kita membiasakan budaya datang tepat waktu maka Kita telah merubah budaya jam karet yang sudah melekat pada masyarakat Indonesia.
  
2.  Antre Dengan Tertib
Terlepas dari apa staus sosial yang dimiliki sebagai warga negara biasa seharusnya mengikuti peraturan yang ada salah satunya yakni menggalakan budaya mengantre dengan tertib sebab dengan menerapkan hal ini menunjukkan sifat menghargai dan menunjukkan bahwa semua orang memiliki kedudukan dan hak nya sebagai warga negara.

3.  Mematuhi Aturan Saat Berlalu Lintas
Banyak sekali kemacetan karena jalan yang kacau,kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh pengendara yang tidak membawa helm atau melanggar aturan lalu lintas. Oleh karenanya sebagai masyarakat Indonesia yang hidup dinegara hukum, jika ingin hidup nyaman dan teratur sudah seharusnya Kita mematuhi setiap peraturan yang telah dibuat salah satunya berlalu lintas bagi pengendara sebab jalanan itu milik bersama.  

4.  Stop Membagikan Berita Hoax
Seiring berkembangnya informasi semakin banyak pula informasi yang disebarkan ke masyarakat luas termasuk masyarakat Indonesia, namun tak jarang banyak informasi yang berisi berita hoax. Hoax adalah kebohongan publik yang disebarkan melaui berbagai media informasi, baik tercetak maupun online.Masyarakat Indonesia merupakan masayarakat yang aktif dalam menggunakan media sosial,begitu mudahnya orang membagikan dan mengomentar setiap berita yang dianggap kontroversial sehingga banyak masyarakat yang terhasut oleh berita yang belum tentu benar hal ini dapat menyebabkan perselisihan pendapat dan akhirnya menimbulkan perpecahan. Oleh karenya ketika ada berita yang tidak jelas sumber maupun faktanya Kita harus terlebih dahulu mengecek kebenarannya sehingga tidak membagikannya dengan sembarang kepada khalayak luas, sehingga kedamaianpun akan tercipta. 

5.  Saling Menyanyangi Tanpa Melihat Latar Belakang SARA (Suku, Agama, Ras, dan   Antar Golongan).
Indonesia adalah negara yang kaya akan terdiri dari ribuan pulau dan latar belakang yang beragam, sudah sepatutnya Kita sebagai bangsa Indonesia hidup saling berdampingan dengan masyarakatnya yang beragam dengan cara saling menyangi yakni meghargai setiap perbedaan yang ada, hal tersebut akan terjadi kerukunan dalam hidup.
 6.  Ingatlah Perjuangan Para Pahlawan
Indonesia terbentuk dan berdiri samapai sekarang oleh pengorbanan para pahlawan dahulu yang membela negaranya demi keberlangsungan anak cucunya gar bisa hidup damai dan aman tanpa penjajahan. Oleh karenanya sudah sewajarnya Kita sebagai anak cucunya menghargai itu semua dengan  mengingat jasa-jasa pahlawan tersebut caranya dengan bersatu dan melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjadikan negara Indonesia yang damai, rukun dan lebih maju lagi.
 7.  Memanfaatkan dan Menjaga Fasilitas Yang Dibangun Negara
Banyak fasilitas publik yang telah disediakkan oleh negara seperti taman, jalan raya, maupun tempat atau bangunan lainnya. Namun jika dilihat banyak masyarakat yang tidak mempedulikan bahkan tidak bertanggung jawab terhadap perusakkan yang terjadi terhadap fasilitas umum yang menyebabkan kurang indah dan nyamanya fasilitas yang ada. Padahal adanya fasilitas dari negara ini agar bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif bagi masyarakat,maka sudah sepatutnya Kita berterimakasih dengan cara memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang dibangun oleh Negara.

       8. Memakai Produk Indonesia
Dengan memakai produk Indonesia maka Kita mendukung dan menghargai ciptaan karya dari anak-anak Indonesia untuk lebih maju serta terus berproduksi. Sekarang produk Indonesia sudah tidak kalah saing dengan produk import, oleh karenanya Kita harus bangga memakai produk dalam negeri sendiri.  
       9.  Menyukai dan Melestarikan Kesenian Budaya Indonesia
Kesenian dan budaya dijadikan sebagai suatu indentitas dari suatu negara. Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaannya ,maka sebagai penerus bangsa Kita patut mencintai dan melestarikan budaya sebagai Indentitas dari negara sendiri yakni Indonesia, agar kelak kesenian budaya dari Indonesia tidak diakui oleh negara lain seperti kasus-kasus yang pernah terjadi dan selain itu bisa terus dinikmati oleh generasi selanjutnya.
10.  Membuang Sampah pada tempatnya
Sampah merupakan masalah yang cukup krusial, menumpuknya sampah di lingkungan menyebabkan berbagai masalah pada kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya masalah tersebut antara lain pencemaran daratan dan lautan yang dapat menyebabkan kebanjiran, penyakit menular dan menganggu keindahan lingkungan. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang kurang sadar akan bahaya sampah sehingga membuang sampah dijalan sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, maka untuk mengatasi ini dimulai dengan kesadaran masyarakatnya agar tidak membuang sampah sembarangan dengan membiasakan diri untuk membuangnya pada tempat yang sudah disediakan. 
11.  Membiasakan Diri Untuk Gemar Membaca
Indonesia bisa dikatakan sebagai salah satu negara yang memiliki angka minat membacanya yang rendah, padahal dengan membaca bisa membuka cakrawala pengetahuan yang luas karena kegiatan membaca merupakan kegiatan positif yang tentu nya jika dijadikan suatu budaya di dalam Masyarakat Indonesia maka tidak mungkin akan dapat mengubah negara Indonesia yang memiliki masyarakat dengan pengetahuan yang dimiliki sehingga pandai serta bijak dalam bertindak dan berpikir. 

12.  Menumbuhkan Budaya Anti Korupsi Sejak Kecil
Jika membahas masalah Korupsi di Indonesia,maka tidak aka ada habisnya sebab Indonesia sudah termasuk negara dengan tingkat korupsi yang tinggi oleh karenanya masalah ini sudah seperti jamur dimusim hujan dimana apabila sudah dicabut satu maka akan tumbuh jamur yang lainnya hingga sulit untuk dimusnahkan. Korupsi diIndonesia sudah dianggap sebagai budaya dan sesuatu yang lumrah, namun apabila Kita tidak menindak lanjuti hal ini dengan serius bisa menimbulkan masalah yang lebih besar bagi negara Kita. Maka cara ampuh yang bisa merubah hal tersebut yakni dengan membangun negara yang bebas korupsi sejak dini dengan menanamkan budaya anti korupsi kepada anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa kelak.  
     
13.  Mengajarkan Cara Bekerja Keras
Negara yang dapat maju dengan pesat tentu dikarenakan adanya faktor pendukung, salah satunya ialah karena adanya budaya bekerja keras dalam masyarakatnya bisa diambil contohnya adalah negara Jepang. DIndonesia sendiri budaya tersebut belum tumbuh dengan baik masih banyak yang berusaha secara setengah-setengah dan akhirnya mudah menyerah apabila hasil tidak sesuai. Oleh karenanya pentingnya budaya bekerja keras disaat dini agar generasi penerus mampu menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang maju. 

Dengan demikian itulah beberapa kebiasaan atau habit kecil yang dapat Kita lakukan untuk membangun Indonesia, bukan tidak mungkin apablia kebiasaan tersebut sudah dijadikan budaya bagi masyarakat Indonesia maka perlahan namun pasti membawa perubahan kemudian menjadikan akan Indonesia sebagai negara yang lebih baik lagi dari masa sekarang.
 
Sumber :
Hipwee
ww.kompasiana.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa

Ampuh ! 7 Cara Sederhana Temukan Bakat Kamu dalam Sekejap.