Destinasi Wisata Alam yang Unik di Kawah Kamojang Garut


Alam selalu memberikan ketenangan bagi setiap jiwa yang membutuhkannya. Bagi Kamu pecinta alam, menjelajahi tempat dengan nuansa alam yang kental, tentu dapat memberikan kebahagiaan tersendiri. Salah satu destinasi wisata alam yang mungkin dapat Kamu coba karena keunikannya, ialah tempat wisata alam yang berada di Kawah Kamojang Garut. Berada antara perbatasan kabupaten Bandung dengan Garut, sehingga membuat rute jalan menuju kawah ini dapat dengan mudah ditemukan. Jika Kamu melewati rute dari Bandung, maka akan Kamu temukan jembatan kuning berbentuk setengah lingkaran yang sering dijadikan sebagai tempat istirahat dan spot foto bagi pengendara yang lalu lalang bernama ‘’Kamojang Hill Bridge’’, dimana tulisan dari nama jembatan ini terpampang besar dipinggir jalan. 

 (Kamojang Hill Bridge)
Kawah Kamojang menjadi kekayaan alam di Indonesia yang unik lantaran memiliki berbagai macam kawah dengan namanya masing-masing. Untuk Kamu ketahui, bahwa Kawah Kamojang Garut ini terbentuk oleh gas panas bumi, dimana hingga saat ini kawah kamojang dikelola oleh PLTU Pertamina yang juga mendirikan pabriknya disini. Disepanjang jalan akan Kamu temui pipa-pipa besar yang menjulur panjang menghantarkan uap kawah yang akan diubah menjadi tenaga listrik. Diantara celah-celah pipa ada yang menyebulkan uap panas. Untuk kondisi jalanan serta tanah masih menuju Kawah Kamojang terlihat masih lapang dan sangat asri.
 (Akses jalan menuju beberapa Kawah di Kamojang Garut)
Berbagai macam kawah dengan sebutan dan keunikannya masing-masing dapat Kamu temui disini, diantaranya sebelum memasuki pintu masuk ke area kawah Kamojang, Kamu akan menemui kawah dengan sebutan kawah manuk, dinamakan demikian konon katanya salah satu lubang dokawah tersebut ada yang mengeluarkan suara seperti burung. Kemudian ketika berada didalam kawasan kawah Kamojang, Kamu akan melihat uap putih yang membumbung tinggi dari dalam perut bumi dan mengeluarkan suara seperti kereta api, sehingga tidak heran kawah ini kemudian dinamakan sebagai kawah kereta api. Diantara kawah lainnya, kawah kereta api ini paling banyak mendapatkan perhatian dari para wisatawan karena keunikannya tersebut.
(Kawah Kereta Api)
Selanjutnya berjalan sedikit keatas, Kamu akan menemui kawah hujan, dinamakan demikian sebab kawah ini mengeluarkan uap yang apabila dirasakan dikulit seperti terkena percikan air hujan. Kawah hujan ini juga cukup populer sebagai tempat untuk pengobatan, lantaran kawah ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, baik penyakit kulit maupun penyakit dalam. Selain itu kawah hujan ini sensasinya mirip dengan sauna, disini Kamu dapat merelaksasikan dirimu sambil menikmati semburan uap-uap panas yang muncul disekitara dan dicelah-celah tanah. Tidak heran bukan jika kawah hujan disebut pula dengan sauna alami. 
 (Kawah Hujan)
Selain kawah manuk, kawah kereta api, dan kawah hujan, beberapa kawah lainnya yang terdapat di Kamojang Garut ialah kawah beurem, dan kawah-kawah kecil yang tersebar dibeberapa titik tertentu. 
 (Beberapa Kawah lainnya yang berada dilokasi Kawah Kamojang Garut)
Untuk bisa memasuki area Kawah Kamojang kamu perlu mengocek beberapa lembar uang, disesuaikan dengan besarnya kendaraan yang Kamu bawa. Fasilitas disekitar kawah ini pun cukup memadai, diantaranya Kamu dapat menemukan tempat parkir yang lumayan luas, masjid untuk beribadah, bangunan sebagai tempat pusat informasi, kamar mandi yang cukup banyak (namun kamu jangan kaget ya, sebab air yang berada dikamar mandi kawasan ini cukup panas), selain itu terdapat beberapa pendopo kecil sebagai tempat beristirahat, tempat sampah juga banyak disediakan disini, dan terakhir didekat tempat parkir terdapat warung kecil yang menyediakan aneka makanan serta minuman dan tempat oleh-oleh yang sekarang sedang dikembangkan.  
 (Pendopo kecil untuk tempat beristirahat)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa

Ampuh ! 7 Cara Sederhana Temukan Bakat Kamu dalam Sekejap.