Ampuh ! 7 Cara Sederhana Temukan Bakat Kamu dalam Sekejap.



Sumber Gambar :  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghxp_wLHVBKFFhYNNoJ-azq4oss52nXGN6k9DeU7sBgU_XpYszh927ygWTmdog39u9hn4sD3E3Bpv3CorzXSasrvPOTgQro-vkygYo1JD9UvXEaWacgyLa3aecNSB91hU-miKud3w5joE/s1600/bakat+dan+minat.jpg
[Diakses pada tanggal 19 Febuari 2017,  Pukul 20.45 WIB]


Ampuh ! 7 Cara Sederhana Temukan Bakat Kamu dalam Sekejap.

‘’ Bakat ibarat sebuah harta karun yang terpendam, jika Kamu ingin menemukan bakat        tersebut maka Kamu harus mencari tahu dahulu lalu menggalinya terus’’. -znc

Pernahkah Kamu berpikir orang lain jauh berbakat dari Kamu? Sementara Kamu tidak memiliki bakat apapun.
Begini pernahkah Kamu memuji atau mengidolakan seorang ?
Misalnya saja artis cantik bernama Ku Hye-sun yang berasal dari Korea,seorang bintang yang memerankan tokoh utama wanita yaitu Geum Jan-di, di dalam film yang sempat meledak di kalangan remaja pada tahun 2009 berjudul ‘Boys Before Flowers’,.Saat itu Kamu merasa kagum dengan aktingnya yang bagus di depan layar kaca. Diketahui bahwa sebelum merambah ke dalam dunia akting artis cantik ini sempat menjadi seorang penyanyi yang membuat kita semakin terpukau dengannya karena dilain sisi selain pandai bernyanyi ia pun pandai dalam mengarasemen atau menciptakan sebuah lagu serta mahir dalam memainkan alat musik,kita pun semakin terkesan dengannya.Tidak hanya itu, terakhir ia pun ternyata memiliki hobi menulis sejak lama sehingga mampu menggiringnya menjadi sutradara film serta penulis novel, di mana novel yang telah ia terbitkan berjudul ‘Tango’ berhasil menjadi novel best seller di negaranya hanya dalam waktu seminggu.
Dengan semua bakat serta keahlian yang dimiliki oleh seniman serba bisa bernama Ku Hye-sun ini, tentu membuat Kamu sebagai idolanya dibuat ‘WOW’ dan takjub. Bayangkan semua bidang mulai dari berakting, bernyanyi, bermain musik, dunia perfilman dan penulisan berhasil dikuasainnya dengan sangat baik. Lantas Kamu menyimpulkan bahwa si artis yang Anda kagumi tersebut adalah orang yang  ‘multitalent’  atau dapat diartikan sebagai orang yang memiliki banyak bakat.Kamu salah besar. Mengapa? Karena Tuhan Maha adil, ketika manusia dilahirkan Kita  diciptakan serupa dengan satu mulut, satu hidung, dua mata, dua telinga, dan lain sebagainya yang semuanya mempunyai fungsi yang sama.
Setiap individu pasti memiliki bakatnya masing-masing. Lalu apa yang di maksud dengan bakat? Seberapa pentingkah bakat tersebut bagi kehidupan manusia?. Bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain,namun hasilnya justru lebih baik atau bakat merupakan potensi maupun suatu keahlian alami yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir.Jadi sekali lagi jangan beranggapan bahwa Kamu tidak berbakat karena setiap individu sudah diberi keahlian alami berupa bakat yang berbeda-beda sesuai dengan potensinya. Bakat itu sendiri juga memiliki jenis-jenisnya, diantaranya :
1. Bakat umum, merupakan kemampuan yang berupa potensi dasar yang bersifat umum, artinya setiap orang memiliki.
2. Bakat khusus, merupakan kemampuan yang berupa potensi khusus, artinya tidak semua orang memiliki misalnya bakat seni, pemimpin, penceramah, olahraga. Kemampuan khusus itu biasanya berbentuk keterampilan atau suatu bidang ilmu, misalnya kemampuan khusus (bakat) dalam bidang seni musik, seni suara, olahraga, matematika, bahasa, ekonomi, teknik, keguruan, sosial, agama, dan sebagainya.
Lalu, pertanyaan selanjutnya seberapa pentingkah bakat itu sendiri bagi kehidupan manusia sehari-hari? Menurut saya sangat penting, diantaranya :
1.  Dengan bakat dapat mencetak prestasi,
Contohnya seseorang dengan bakat menyanyinya mampu memenangkan lomba tingkat nasional dalam suatu ajang pencarian bakat.
2.   Dengan bakat dapat mengembangkan potensi
     Potensi ini dapat berupa menyanyi ataupun menari, dan lain-lain. Cara mengembangkannya yaitu      misalnya dengan mengikuti kursus menari atau menyanyi.
3.   Dengan bakat dapat meraih kesuksesan
Contonya banyak para wirausahawan yang sukses dengan bisnisnya karena mampu mengembangkan bisnisnya tersebut sesuai dengan bakat yang Ia miliki.
Seseorang umumnya memiliki bakat tertentu yang terdiri dari satu atau lebih kemampuan khusus yang menonjol dari bidang lainnya. Orang yang memiliki bakat lebih berarti orang tersebut tergolong istimewa. Tetapi bagi Kamu yang merasa tidak memiliki bakat satupun jangan khawatir, mungkin saja Kamu justru memiliki bakat terpendam tetapi Kmau belum mengetahuinya karena mungkin saja Kamu hanya tahu cara menemukannya.
Begitu pula dengan saya, dahulu saya tidak mengetahui dan menemukan bakat saya itu ada dimana dan seperti apa. Hingga seiring berjalannya waktu akhirnya saya pun dapat  mengetahui dan menemukan bakat saya selama ini.Bagaimana caranya? Sudah kita ketahui, bahwa untuk menemukan bakat itu sendiri sudah banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya dengan test bakat yang biasa diadakan oleh para psikolog atau lembaga sejenisnya seperti test sidik jari,dan ada pula test bakat yang tersebar di berbagai situs internet.
Tetapi Saya tidak menggunakan cara-cara dia atas, saya menggunakan cara yang terbilang sederhana berdasarkan pengalaman Saya sendiri, berikut akan Saya jelaskan :
  1. Kenali Siapa diri Kamu dan buat analisisnya.
Tahap pertama yaitu dengan mengenali siapa diri Anda . Dalam mengenal diri sendiri  setiap orang memiliki caranya tersendiri. Semakin dalam Anda mengenali diri Anda sendiri maka akan semakin bagus . Dalam tahap pertama misalnya cara yang saya lakukan yaitu membuat sebuah daftar tentang kepribadian saya dan saya buat analisisnya,  diantaranya :

1.     Apa yang Saya sukai dan yang tidak Saya sukai ?
Misalnya Saya adalah orang yang tidak menyukai sesuatu yang berhubungan dengan hitung-hitungan seperti pelajaran matematika, dan tidak menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan fisik seperti bela diri. Namun Saya menyukai sesuatu yang berhubungan dengan menggambar ditambah menurut Saya, Saya adalah orang yang imajinatif. Maka dari analisa dari siapa diri saya itulah,  Saya mendapati apa yang menjadi minat saya yaitu dalam dunia seni seperti menggambar karena menggambar juga merupakan bagian dari proses dari imajinatif.

2.     Aktivitas apa yang sering Saya lakukan ?
Hal ini bisa dilihat dengan aktivitas, hobi ataupun kebiasaan yang sering Kamu lakukan untuk menghabiskan waktu. Misalnya di saat waktu luang Kamu lebih sering mempergunakannya untuk menulis, ikut kegiatan sosial, atau bermain sepak bola, dan lain sebagainya.

  1. Yakinlah Kamu berbakat.
Pernahkah Kamu berpikir mengapa dia bisa melakukan hal itu sementara Kamu tidak bisa ? Lalu Kamu berpikir bahwa Kamu kurang berbakat dalam hal apapun.
Terkadang pikiran bawah sadar kitalah yang mendorong kita berpikiran demikian. Ingatlah satu hal, bahwa setiap manusia yang diciptakan pasti memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Hanya saja terkadang kita lebih banyak memirkan hal yang kurang dari diri kita dibanding kelebihannya. Selain itu yang lebih parah lagi kita selalu membandingkan hal tersebut  semua dengan orang lain.
Dengan menanamkan dalam bawah sadar Kamu sendiri dengan mengatakan bahwa Saya memiliki bakat. Maka yakinlah dengan keyakinan teresebut Kamu akan menemukan bakat Kamu.

  1. Mulailah dengan perbanyak mencari tahu dan mencoba hal baru.
Setelah Kamu memiliki keyakinan Kamu berbakat. Lalu untuk menemukan bakat apa yang Kamu miliki mulailah dengan mencari tahu, misalnya Saya senang menggambar maka Saya akan mencari tahu bakat apa yang dapat Saya peroleh dan dapat Saya kembangkan dari kesukaan Saya menggambar, karena menggambar itu sendiri banyak ragamnya ada yang dalam bentuk graffiti, realitis, doodle, desain dan lain-lain.
Kemudian mencoba hal baru. Ikutilah setiap kegiatan yang menurut Anda baru namun menarik perhatian Anda serta Anda merasa cocok dengan kegiatan tersebut. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saat itu di fakultas saya yaitu fakultas ilmu komunikasi Universitas Padjajaran sedang di adakan acara ‘Students Day’’  yaitu acara penerimaan anggota baru dari setiap UKM (Unit Kegiatan Mahasiwa) yang ada. Saya sangat bersemangat mengikuti  acara ini, apalagi banyak UKM yang menarik perhatian saya. Lalu saya mencoba mendaftar UKM yang menarik perhatian saya itu. Tanpa sadar saya sudar mendaftar UKM lebih dari tiga UKM sekaligus. Saya di tanya oleh teman saya ‘’Apakah tidak berat mengikuti UKM sebanyak itu ?’’.Saya berpikir memang berat apalagi saya sebagai Mahasiswa tentu banya kesibukan mulai dari jadwal kuliah maupun tugas dari Dosen nanti. Tetapi karena UKM yang saya pilih semua berdasarkan ketertarikan saya , maka saya akan mencoba terlebih dahulu UKM yang telah Saya pilih.
Lalu  setelah saya ikut bergabung dalam UKM tersebut, tinggal melihat apakah UKM tersebut sesuai dengan bidang keahlian Saya atau tidak. Apakah dengan mengikuti UKM tersebut Saya dapat menemukan bahkan mengembangkan bakat Saya atau tidak. Maka semua itu tergantung kecocokan Saya nantinya setelah mengikuti UKM tersebut, hal yang Saya lakukan saat inilah hanyalah mencoba hal baru yang menarik perhatian Saya.
Maka bagi Kamu yang ingin menemukan bakat Kamu perbanyaklah mencari tahu dan sebanyak mungkin mengikuti berbagai kegiatan yang menurut Kamu bisa memperluas ataupun mengembangkan keahlian Kamu.

  1. Bakat Kamu bisa jadi muncul dari lingkungan di sekitar Kamu.
Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengarungi seseorang, lingkungan tersebut bisa datang dari keluarga, teman sepermainan, tempat tinggal maupun masyarakat sekitarnya. Bakat sendiri mungkin bisa saja datang karena faktor-faktor lingkungan tersebut. Seorang anak yang dilahirkan dalam keluarga yang semuanya berprofesi sebagai koki bisa saja ia pun mempunyai bakat dalam hal memasak, hal tersebut lantaran si anak sudah terbiasa berdekatan dengan bumbu dapur, alat memasak, maupun jenis-jenis makanan. Begitupula dengan Kamu, jika Anda ingin memiliki bakat di bidang tertentu maka ciptakanlah suatu lingkungan yang mendukung bakat Kamu tersebut. Misalnya saja saya ingin memiliki bakat dalam menggambar, maka untuk mewujudkan hal tersebut saya ikut bergabung dalam UKM KGF (Kelompok Grafis Fikom) di UNPAD, karena dengan mengikuti UKM KGF ini Saya akan bertemu dengan lingkungan yang didalamnya terdiri dari Mahasiswa yang memiliki kegemaran menggambar serta Mahasiswa senior yang memiliki kelebihan dalam bidang menggambar yang siap membagi ilmunya dan berbagai sarana lainnya yang dapat membantu mengembangkan bakat Saya.

  1. Lakukan Semua karena Minat dan Passion
Jika Kamu ingin memiliki bakat, maka lakukan sesuatu sesuai dengan minat Kamu. Apakah itu minat dan passion? Minat adalah suatu keinginan yang mendorong diri seseorang untuk fokus pada suatu objek sedangkan passion adalah Passion adalah energi atau kekuatan yang didasari oleh rasa cinta yang besar dalam melakukan sesuatu.
Lebih mudahnya seperti ini,ketika ada seseorang  pandai memainkan alat musik piano dengan sangat indahnya, lalu Kamu berlatih memainkan piano berharap akan memainkannya lebih bagus dibandingkan orang tersebut. Tetapi setelah lama Kamu berlatih semua terasa percuma karena Kamu tidak mampu bermain piano sebagusnya apalagi menandinginya. Lalu Kmau beranggapan bahwa orang tersebut memang berbakat dalam memainkan alat musik piano. Tidak anggapan tersebut salah. Lantas jika memang benar demikian,Kamu menyangkal bahwa orang tersebut memiliki tangan ajaib. Anggapan ini tentu salah besar. Sudah Saya bilang di awal bahwa Tuhan itu maha adil dalam menciptakan makhluknya. Coba lihat antara orang yang pandai bermain alat musik piano tersebut dengan diri Kamu, sama-sama memiliki kedua tangan bukan?. Lalu apa yang menjadikan kedua tangan orang tersebut berbeda dengan kedua tangan Kamu, sehingga orang tersebut hanya dengan kedua tangannya saja mampu memainkan alat musik piano jauh lebih bagus dibanding diri Kamu? Ini bukan berarti bahwa orang yang berbakat bermain piano memiliki gen piano ataupun orang yang berbakat menggambar memiliki gen menggambar. Bukan, sama sekali bukan seperti itu.
Jawabannya karena orang itu mempunyai minat dan passion lebih di bidang tersebut, sehingga membuatnya mampu mengoptimalkan fungsi kedua tangan yang telah diberikan oleh tuhan hanya dengan memainkan alat musik tersebut.
Sementara mungkin Kamu belum bisa mengarahkan fungsi dari kedua tangan Kamu tersebut kepada hal yang lebih Kamu sukai atau sesuai dengan minat Kamu yang sesungguhnya seperti orang tersebut. Karena  bisa jadi Kamu berlatih memainkan alat musik tersebut karena hanya berniat menandingi orang tersebut, misalnya karena ia adalah teman Kamu sehingga membuat Kamu merasa iri karena ingin sepertinya dirinya.
Sering juga kita sebagai manusia merasa iri kepada orang lain yang dapat melakukan sesuatu  yang lebih bahkan tidak biasa, yang tidak dapat kita lakukan. Maka kita beranggapan bahwa orang tersebut di beri kelebihan oleh Tuhan. Anggapan yang demikian salah besar.
Melakukan sesuatu yang bukan minat dan  passion kita justru akan membuat kita tidak bisa bebas. Yaitu bebas dalam versi saya sendiri  adalah bertindak sesuai kehendak hati dan jika kita melakukan hal tersebut kita dapat merasakan kesenanganan batin  bahkan rela untuk menghabiskan waktu demi sesuatu yang sedang dijalani bahkan sekalipun tidak di beri imbalan. Pernah lihat dimana seseorang meskipun hidup bercukupan tetapi tidak merasa senang dengan bidang yang ia kerjakan, karena mungkin saja hal tersebut ia lakukan karena tidak sesuai dengan minat dan passion yang Ia inginkan dan sukai.
Jadi kenapa kita harus mengerjakan sesuatu sesuai dengan minat dan bakat? Jawabannya karena dengan minat dan passion membuat Kamu nyaman, bahagia, serta termotivasi untuk menemukan dam mengembangkan bakat Kamu.
‘’Saat bekerjapun anda tidak akan meresa bekerja, melainkan benar-benar merasa sedang menjalani hidup. Hidup yang ringan, seimbang dan menyenangkan’’. ~Gusti Bob.

  1. Jadikan setiap Kelebihan menjadi Bakat Kamu.
Potensi dan keahlian setiap orang berbeda-beda, maka sekali lagi jangan lihat dan bandingkan kekurangan Kamu dengan orang lain. Tetapi fokuslah pada kelebihan yang Kamu miliki. Cara untuk mengetahui kelebihan Kamu yaitu dengan melihat dan membandingkan hal apa yang mudah Anda lakukan tetapi orang lain tidak. Misalnya dalam bidang Akademik teman Kamu pandai dalam semua mata pelajaran sementara Kamu tidak, tetapi dari bidang non-Akademik seperti Olahraga atau menari Kamu lebih unggul daripada teman Kamu, maka dengan potensi ini Anda bisa memanfaatkan agar dapat menonjol dari teman-teman Kamu yang lain dan apabila terus mengasah dan mengembangkannya,bisa jadi kelebihan tersebut menjadi bakat Kamu.
Mulai sekarang berhentilah melihat kekurangan Kamu. Berhenti untuk membandingkan kelebihan yang orang lain miliki dengan Kamu. Percaya dirilah.        
  
7. Jangan Takut ! Bebaskan diri Kamu.
Pernahkah Kamu tujuh bakat terunik bahkan teraneh dalam suatu acara bernama On The Spot yang di tayangkan oleh salah televisi swasta di Indonesia ? Bila kita perhatikan bakat mereka terkesan tidak masuk akal, misalnya saja ada seorang bapak-bapak yang mampu menarik mobil berukuran besar hanya dengan jenggot yang ia miliki. Tentu ini disebut bakat karena tidak semua manusia dapat melakukannya hanya segelintir orang-orang yang memiliki potensi atau keahlian tertentu.
  Lalu bagaimana kalau Kamu mempunyai kebiasaan mengkhayal ? Apakah bisa dijadikan bakat? Mengkhayal bagi sebagian orang terutama orang dewasa merupakan sesuatu yang  terlalu kekanak-kanakan, dilakukan hanya untuk orang-orang yang kurang kerjaan.Tetapi siapa sangka dengan mengkhayal bisa memunculkan suatu bakat. Kok bisa? Tentu, asalkan Kamu bisa mengarahkan hal tersebut ke  arah yang positif, misalnya dengan mengkhayal Kamu dapat membuat suatu alur cerita dari suatu novel yang akan Anda buat karena tanpa proses mengkhayal atau membayangkan sesuatu maka alur cerita tidak akan tercipta. Contoh nyatanya bisa kita lihat dari novel karya J.K Rowling berjudul Harry Potter. Sang penulis yang juga senang mendongeng ini, awalnya dapat melahirkan tulisan kisah tentang Harry Potter, yaitu ketika saat Ia berada di stasiun kereta api,Ia sedang membayangkan atau mengkhayalkan seorang anak dengan kriteria seperti Harry Potter.   
Maka tanpa menghiraukan anggapan orang lain, jangan takut untuk mulai menganggap sesuatu bukan bakat Kamu dan bebaskan diri Anda untuk bekreasi. Percaya dirilah bahwa setiap bakat itu sendiri bisa muncul dari hal yang kecil ataupun di anggap tidak wajar.

Bagaimana setelah Kamu membaca artikel ‘’Ampuh ! Cara sederhana temukkan bakat Kamu dalam sekejap’’ di atas sudahkah Kamu menemukan bakat apa yang ada pada Kamu selama ini ? Apakah Kamumasih yakin bahwa Kamu tidak berbakat?.Coba tengok diri Kamuyang paling terdalam. Lihat sekali lagi. Setiap individu memiliki potensi walaupun sekecil apapun potensi itu jika ia mampu mengelolanya dengan baik maka akan menjadi keahliannya.
Jika Kamusudah menemukan bakat Kamu selama ini, ayo mulai sekarang latih, dan kembangkan bakat Kamu tersebut !

Semoga menginspirasi, Salam Penulis:)







  



             

Sumber Referensi
    
https://nisafaridaa.wordpress.com/2014/01/12/tallent-is-good-passion-is-best/ . Diakses pada tanggal 15 Febuari 2017, Pukul 20.35 WIB.
http://cafemotivasi.com/3-tips-sakti-menemukan-passion/. Diakses pada tanggal 16 Febuari 2017, Pukul 19.45 WIB.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa